KIDNAP KATRINA

18:35:00


Band Indonesia khususnya genre rock banyak bermunculan bak jamur di musim hujan, karena memang di era 90an musik rock mendapat tempat di hati anak muda berdampingan dengan genre lain.
Selain mendapat tempat di hati anak muda di seantero nusantara, musik rock juga bersaing tampil di layar kaca melalui videoklip.  Hal ini semakin menambah popularitas musik rock, karena biasanya semakin intens artis tampil di tv maka kemunculannya di radio-radio juga akan semakin intens.
Diantara banyaknya band rock yang bermunculan ada satu band yang mencuri perhatian para pendengar musik rock, yaitu Kidnap Katrina.  Band jebolan potlot ini layak mendapat apresiasi sebagai pendatang baru kala itu. 
Meski dengan tidak memungkiri vokalisnya adalah Anang Hermansyah namun musik yang dibuat Kidnap Katrina adalah musik rock yang kaya.  Ya Kidnap Katrina memainkan musik rock namun tidak seperti band band rock yang menggeber speed metal, thrash metal maupun heavy metal ala eropa.
Musik Kidnap Katrina cenderung ke alternatif rock namun tidak seperti grunge seperti Nirvana, Pearl Jam atau Soundgarden yang lagi mainstream saat itu, tidak juga seperti funk rock macam Red Hot Chili Peppers dan Jane's Addiction.
Mereka tetap memasukkan unsur keyboard yang side by side dengan gitar dalam membangun ritme. Baseline keyboard yang dimainkan agak mirip seperti yang dimainkan Indra Q di Slank.  Bisa disebut baseline keyboard yang dimainkan oleh Indra Q memberi nuansa baru di musik rock Indonesia yang berbeda dengan pakem permainan keyboard era 80an.
Demikian pula dengan permainan keyboard Kidnap Katrina, bila slank bermain di rock n roll, blues dan hard rock maka Kidnap Katrina bermain di alternatif rock.  Bisa disebut merekalah band pertama yang memainkan musik rock alternatif di Indonesia.
Selain warna musik cenderung alternatif rock permainan dua gitarisnya memberi warna tersendiri, riff riff gitar yang dibangun tetap cadas berisi dengan permainan melodi bergantian diantara mereka. Meski bermain alternatif rock, riff-riff gitarnya tetap dengan pakem dasar rock.
Dengan beranggotakan Anang (vokalis), Teguh (keyboard), Koko (gitar), Gorgha (Bass), Damon Koeswoyo (gitar) dan Masto (drum) menambah deretan band band rock yang bermunculan saat itu seperti : Grass Rock, Power Metal, Slank, Edane, dll.
Nama Kidnap Katrina sebagai band cepat mencuat lantaran vokalisnya Anang telah lebih dahulu tenar dengan album solo perdananya "Biarkanlah", namun Anang malah meninggalkan band ini selepas album perdana.  Band ini seperti kesulitan mencari pengganti Anang sebagai vokalis, terbukti hingga saat ini tahun 2017 band ini tidak pernah lagi menghasilkan album selain album perdana di tahun 1992.
Bersama Slank Kidnap Katrina digadang gadang menjadi perwakilan potlot dalam bersaing dengan band-band rock lain terutama dari kota Bandung dan Surabaya. Karena dua band ini menampilkan wajah rock dengan segar.  Slank dengan ciri khas rock n roll dan bluesnya dan Kidnap Katrina dengan rock alternatifnya berebut perhatian dengan warna hard rock dan heavy metal dari band-band cadas Indonesia lainnya.
Namun Kidnap Katrina seperti band muda yang tampil dengan semangat tinggi di album perdana namun mengendor di album selanjutnya, malah tidak ada selanjutnya alias mereka vakum kalau tidak mau disebut bubar.
Meski Kidnap Katrina hanya memiliki satu album namun lagu-lagunya seperti “Biru”, “Muak”, “Katrina” masih diingat dengan baik oleh para penggemar fanatiknya.
Berikut daftar lagu Kidnap Katrina (1993)
  1. Katrina (ada videoklipnya dulu sering diputar di tvri)
  2. Muak (hits)
  3. Depresi Mania
  4. Bodo Ah
  5. Jadi Apa
  6. Kisah Indah
  7. Nuansa (hits)
  8. Just Like The Other Days
  9. Rave Rage
  10. Telanjang
  11. Biru (hits)
Menurut fanpage facebook mereka di tahun 2017 ini Kidnap Katrina akan come back ke dunia musik Indonesia setelah 20 tahun lebih tidak pernah berkiprah di industri rekaman, come back-nya mereka ini mereka namakan “Kidnap Katrina Reborn” dengan merilis album baru yang mungki yang berisikan materi lagu lama namun arensmen baru, apapun itu karya terbaru Kidnap Katrina layak ditunggu.


Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔