NEUROTIC OUTSIDERS BAND PUNK ERA 90an

00:26:00
Neurotic Outsiders,  band apa itu, ada yang kenal dengan band ini, mungkin diantara rocker mania atau metalheads yang mengikuti perkembangan musik rock di tahun 90an ada kenal dengan nama Neurotic Outsiders. Nama ini mungkin asing bagi yang tak mengetahuinya, namun menyebut salah satu personilnya pasti para rocker mania pasti mengetahuinya dengan baik.

Kenapa bisa begitu, karena nama para personil band ini adalah nama-nama besar di grup band mereka masing-masing sebelum membentuk Neurotic Outsiders. Sebut saja Duff McKagan publik pasti mengetahui bahwa dia bassitnya Guns N Roses.

Ya Neurotic Outsiders beranggotakan Duff McKagan (gitar, vokal), Matt Sorum (drum, vokal), Steve Jones (Vokal, gitar) dan John Taylor (bass, vokal). Duff dan Matt Sorum dari Guns N Roses, Steve Jones dari Sex Pistols dan John Taylor dari Duran-Duran.

Mungkin niat mereka hanya ingin berkreasi diluar apa yang biasa mereka lakukan di dalam grup masing-masing. Namun lagu yang mereka hasilkan adalah komposisi rock yang segar, mewarnai musik rock yang begitu ragam.

Musik yang dimainkan oleh Neurotic Outsiders adalah musik punk rock dengan rasa baru, artinya tidak seperti punk murni yang lebih mengutamakan semangat anti kemapaman, namun Duff Cs mengolah punk rock dengan riff-riff yang turut menyumbang bagi kesuksesan post grunge kelak. Punk rock dengan sound grunge.

Publik mungkin bertanya selain Steve Jones (Sex Pistols) siapa yang piawai bermain punk rock, mengingat Duff dan Matt dari Guns N Roses dan John Taylor (Duran-Duran). Guns N Roses adalah band hard rock sedangkan Duran-Duran adalah band pop Inggris beraliran new wave.

Jawabannya adalah Duff McKagan sangat mahir bermain punk rock. Dia di Guns N Roses selain bermain bass Duff juga bisa menyanyi. Di album Use Your Illusion II dia jadi lead vocal lagu So Fine. Range vokalnya memang tipikal vokalis punk.

Tentu diantara pembaca ada yang ingat bahwa Duff McKagan pernah mengeluarkan album solo yang berwarna punk habis yang berjudul "Believe In Me". Dimana dia juga dibantu anggota Guns N Roses seperti Matt Sorum, Gilby Clarke dan Slash.


Dan tentunya masih ingat dengan album Guns N Roses Spaghetti Incident, album kompilasi yang bermaterikan rock n roll dan punk. Jadi tidak aneh Neurotic Outsiders bercirikan punk rock.


Dan siapa yang tak kenal Sex Pistols, band punk yang kontroversial dari Inggris yang terkenal tingkahnya urakan di panggung. Disanalah Steve Jones berada sebagai gitaris dan vokal berpasangan dengan Johnny Rotten dan bassist Sid Vicious.


Lantas bagaimana dengan John Taylor yang sangat identik dengan Duran-Duran sebagai band pop papan atas dunia. Bisakah dia menyatu dengan para rocker dalam mengolah musik dimana biasanya bermain rock. 


Ternyata John Taylor sangat menikmati jadi rocker dan tidak canggung sama sekali, malah sebagian kecil publik menilai harusnya John melakukan hal itu jauh hari sebelumnya.

Cikal bakal Neurotic Outsiders adalah Duff McKagan (bass), Matt Sorum (drum), Billy Idol (vokal) dan Steve Stevens (gitar), namun segera Billy Idol dan Steve Stevens diganti oleh Steve Jones dan John Taylor. Setelah itu mereka menggunakan nama pertama Neurotic Boy Outsiders.

Tahun 1997 mereka mengeluarkan album pertama dan satu-satunya dalam sejarah bermusik mereka yang berjudul sama dengan nama band mereka. Dimana lagu Angelina yang sangat Radio hits menjadi lagu andalan mereka.


Selain itu ada lagu Always Wrong dan Feelings Are Good yang sangat grunge yang juga menjadi hits, selebihnya adalah lagu-lagu post punk yang segar bersound grunge. Band ini pun mencuri perhatian publik karena grup ini diisi oleh personil Guns N Roses, Duran-Duran dan Sex Pistols.

Bisa dibilang Neurotic Outsiders adalah kolaborasi band Inggris (Duran-Duran, Sex Pistols) dengan Amerika (Guns N Roses).

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔