PERKEMBANGAN MUSIK ROCK SERTA GENRENYA

21:06:00
Perkembangan musik rock dewasa ini telah mengalami kemajuan yang teramat pesat sejak akhir tahun 60an. Namun bersamaan dengan hal tersebut juga mengalami perubahan pengertian berbeda dalam musik rock itu sendiri.  Dulu sebelum tahun 90 musik rock kerap disebut metal, meski sudah ada genre thrash metal yang digawangi oleh Metallica cs.  

Band - band heavy metal umumnya juga disebut band hard rock, meski ada perbedaan yang tidak semua orang awam dapat membedakannya, namun secara umum global yang beredar mendunia mahfum menyebut hard rock dengan heavy metal, seperti band-band yang sudah mendunia seperti Judas Priest, Motley Crue, Bon Jovi, Van Halen dan lain-lainnya.  

Namun Ketika memasuki dekade 90-an perbedaan antara heavy metal dan hard rock sangat mencolok sekali bersamaan dengan dimulainya era alternative rock dengan grunge nya Nirvana cs.  Band-band metal tak mau disamakan dengan hard rock/heavy metal 80-an, pun penampilan panggung atau busana sehari-hari para musisi metal cenderung berbusana dominan hitam (bersambung) dan tampang muka yang sangar bila dalam sesi foto meskipun tidak selalu demikian  dan tidak lagi tampilan dandy ala rocker-rocker 80-an saat melantunkan tembang-tembang ballada.

Musik yang dimainkan pun lebih agresif, distorsi tebal dimana sound gitar sangat gahar dengan riff-riff tajam khas metal, permainan drum yang cenderung wajib double pedal, lirik-lirik yang lebih sarkasme dan satu yang jadi ciri khas suara vokalis cenderung berat dengan teknik suara dalam kerongkongan, sehingga suara yang dihasilkan bersaingan dengan raungan gitar.  Beberapa dapat mengikuti suara seperti monster.  

Sebagian para pendengar mengklasifikasikan mereka sebagai pemusik "underground" atau indy yang artinya distribusi produk tidak memakai jalur mainstream (baca major label), penikmat musik inipun biasanya tergabung dalam wadah komunitas pencinta musik ini yang aktif membeli karya band idolanya.

Kembali ke perkembangan musik rock/ metal dijaman sekarang ini, tentunya musik rock telah menjadi sub genre yang jika dituliskan disini menjadi panjang dengan sub-sub genrenya yang saya pun kadang tidak mengetahui lengkapnya. 

Dengan mengenal sub genre inilah musik rock mengalami perkembangan hingga sekarang, para penikmat musik rock yang telah lama tentu mudah membedakannya, namun bagi anak-anak muda yang sekarang yang apabila disebutkan metal maka apabila diperdengarkan lagu-lagu rock (heavy metal dulu sebutannya) akan menyangkal itu bukan metal tapi musik rock saja, ya semua orang bebas berpendapat.

Apapun dengan perkembangannya musik rock/metal dengan segala sub genrenya apabila disimak masih ada benang merahnya, yaitu kritik sosial, anti kemapaman, anti dengan ketidakadilan, yah musik rock lahir dari pemberontakan terhadap kemuakan terhadap perang atau ketidakadilan.  Walaupun band rock 80an (glam metal) cenderung bergenit ria dengan rasa cinta terhadap lawan jenis, alkohol narkoba bahkan seks bebas, tapi pasti mereka anti dengan ketidakadilan.
Menutup tulisan ini saya coba membagi musik rock/metal dalam bentuk (sub genre) yang sederhana namun cukup mewakili musik rock/metal itu, yaitu :

1. Hard Rock  
Musik rock yang umum yang eksis sampai sekarang, lebih banyak berada di major label Musik rock ini mempunyai ciri khas sekeras-kerasnya musik ini dimainkan masih dapat dinikmati oleh orang yang awam terhadap rock, selain itu dalam setiap album yang dihasilkan rata2 menyelipkan tembang balada (slow rock) walaupun tidak selalu.  Sub Genre ini memcapai jaman keemasan di dasawarsa 70an s/d akhir 80an. Pada dekade 80an hard rock disebut juga glam rock/ glam metal /hair metal dengan tampilan musisinya yang ditandai rambut mengembang (blow hair) terkadang memakai make up namun tetap terkesan pria hanya nampak urakan.

2. Punk Rock  
Perkembangan sub genre ini beriringan dengan hard rock, hanya saja mereka tidak peduli musikalitas seperti halnya hard rock, misal kalo hard rock kemampuan gitaris harus skilful, namun tidak demikian halnya punk rock, bagi genre ini yang penting jiwa musisi maupun pendengarnya adalah merdeka.  Rock tidaklah harus identik dengan high skillfull dalam memainkan instrumen musik dalam genre ini.

Penggemar musik ini termasuk paling loyal terhadap band kesayangannya, walaupun tidak sebanyak penggemar sub genre rock yang lain. Punk Rock mulai menggeliat sekitar akhir tahun 70an.

3. Thrash Metal  
Perkembangan musik rock yang lebih keras dari hard rock dan bahkan inilah cikal bakal yang melahirkan sub-sub genre yang disebut disebut sebagai musik underground.  Thrash metal mulai menggeliat sekitar awal dekade 80an walau ada yang menyebut sub genre ini telah muncul di pertengahan dekade 70an.

Musiknya agresif dibangun dengan riff-riff gitar yang tebal bersama bass, drum double pedal adalah wajib, lirik-liriknya tentang kritik sosial, perang, di thrash metal kadang disebut juga speed metal, namun thrash metal umumnya bermain cepat.

Posisi vokalis inilah sangat berbeda dengan vokalis hard rock yang cenderung lantang dan melengking, maka di thrash metal adalah vokal yang sangat gahar serak dan cenderung seperti orang yg menggeram/marah dalam menyanyi namun artikulasinya masih jelas.
Pada sub genre ini perkembangan musik rock bersaing ketat dengan glam rock/glam metal dalam meraih penggemar, jika seub genre hard rock/glam rock/glam metal/hair metal terkesan 'bergenit ria' maka para thrasher sebaliknya mereka tampil adanya, pakaian cenderung berwarna hitam hitam.

4. "Underground"  
Sub genre ini kalau dalam bahasa saya adalah musik thrash metal yang mengalami mutanisasi.  Sub genre ini musiknya sangat agresif/ radikal, dimana musik thrash metal mengalami peningkatan agresivitas luar biasa.  

Satu hal yang yang tak terbantahkan adalah dari segi suara vokalisnya yang sangat bergemuruh menghasilkan suara seperti monster dengan artikulasi yang menurut saya bagi penikmat musik hard rock sulit menjabarkan apa yang diucapkan sang vokalis apalagi bagi telinga umum.  Sub genre ini antara lain : Death Metal, Black Metal, Hard Core, Metal Core dan lain-lain.  Metal Core berkembang di pertengahan dekade 2000

 5. Alternative Rock 
Sub genre ini lahir dari persilangan musik rock dengan punk rock di tahun 80an di amerika serikat namun mencapai masa keemasannya dijaman awal 90an melalui Nirvana. Sub genre ini liriknya lebih banyak berbicara tentang kehidupan yang apa adanya seperti ketidakpuasan terhadap kejanggalan hidup sehari-hari, perasaan muak (berdasar dari lirik2 nirvana).  
Sama seperti Punk Rock sub genre ini permainan gitar bervariasi mengikuti emosi lagunya, namun di pertengahan lagu kebanyakan tidak diisi permainan melodi seperti halnya genre rock lainnya.
Alternative metal tidak hanya grunge saja namun ada rap rock, cikal bakal hip metal yang berkembang di dekade awal 2000-an kelak

6. Progessive Rock/Metal  
Penekanan kepada eksplorasi kemampuan bermusik para pemusiknya, durasi tembangnya cenderung panjang atau persentasi instrumentalnya lebih banyak daripada vokalnya.  Setiap instrumennya mendapat kesempatan durasi yang sama dalam setiap lagunya. 
Progessive rock/progessive metal juga mulai menggeliat pertengahan dekade 80an.

7. Nu Metal/ Modern Rock
Sub genre ini lahir di akhir dekade 90-an, dimana sub genre ini dibangun dari berbagai sub genre sebelumnya seperti post grunge dibangun dari grunge, hip metal dibangun dari rock metal dicampur elemen hip hop pada genre RnB seperti pemakaian turntable namun tetap cadas, modern rock dibangun dari post grunge dengan sound yang lebih modern


Demikianlah tulisan singkat tentang perkembangan musik rock dari saya diambil dari pengalaman menyimak musik rock puluhan tahun dan dari sumber-sumber lain.

Terima kasih bagi yang sudah membaca, salam hangat dari saya dan tetap hidup bersih stay away from drugs.


Share this :

First
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔